9 Kesalahan Dalam Marketing Di Media Sosial.

Tidak memiliki marketing plan

Berikut adalah beberapa kesalahan mendasar yang biasa dilakukan dalam marketing di media sosial. Coba di cek, apakah kamu melakukan salah satu dari 9 kesalahan tersebut?

 

#1.Tidak memiliki marketing plan

 

Marketing selalu memiliki perencanaan, target yang harus dicapai, dan cara mengukur pencapaian. Bila kamu tidak memiliki ketiganya, maka kamu bagaikan berjalan di tengah gurun, tanpa membawa kompas, tak tau mau kemana, dan tak tau kapan akan sampai ke tempat tujuan.

 

#2. Tidak memiliki content strategy

 

Konten adalah salah satu hal utama. Seaktif-aktifnya kita bermedia sosial, jika konten kita tak terarah maka hasil yang didapat tidak maksimal. Konten menuntun pada sebuah percakapan. Percakapan akan membangun sebuah hubungan. Dengan hubungan tersebut maka kita akan dapat menghitung Return On Investment (ROI) kita.

 

#3. Melupakan unsur manusia

 

Ingatlah bahwa mereka yang menggunakan media sosial adalah manusia. Maka bersikaplah sebagai manusia, jalin pertemanan, jagalah sikap, dan bangun reputasi dengan baik. Apa yang kita ucapkan dan apa yang kita bagikan, itulah yang merepresentasikan brand kita.

 

#4. Mengabaikan komentar

 

Ketika kita membagikan sebuah informasi, promo produk, atau kutipan di media sosial, maka tentunya kita mengharapkan feedback dari pengguna media sosial lainya. Namun sering kali kita mengabaikan mereka yang berkomentar terhadap apa yang kita bagikan. Ketika mereka merasa terabaikan, padahal mereka berniat melakukan dealing maka potensi profit kita akan melayang.

 

#5. Tidak memiliki komitmen jangka panjang

 

Hal ini lebih pada jiwa entrepreneur kita, dimana seberapa tahan dan seberapa besar komitmen kita untuk mencapai kesuksesan. Banyak sekali dijumpai orang yang memiliki semangat menggebu, namun hanya membara beberapa saat. Sukses itu tidak ada yang instant, termasuk dalam mendapatkan hasil yang nyata dalam marketing di media sosial.

 

#6. Lupa karakter masing-masing media sosial

 

Perlu diingat bahwa masing-masing media sosial punya karakternya masing-masing. Kita harus tau dan memilih channel yang cocok sesuai dengan target yang ingin dicapai. Misalkan, kita tidak bisa menggunakan youtube untuk membangun komunikasi yang personal, atau sebaliknya kita tidak bisa memaksimalkan twitter untuk menunjukkan karya desain grafis atau video profile kita.

 

#7. Tidak enjoy bermarketing di media sosial

 

Ingatlah bahwa media sosial adalah tempat untuk bersosial dengan pengguna lainya. Meskipun kita menggunakannya untuk kepentingan bisnis, kita harus menikmatinya, melepaskan beban dan tanggungan untuk segera mendapatkan profit. Ketika profit oriented dikedepankan, maka tidak mugkin anda mau berlama-lama melayani seseorang yang selalu bertanya tentang produk anda, tapi tidak segera melakukan pembelian.

 

#8. Tidak mendeskripsikan diri anda dengan sejelas-jelasnya

 

Bila pengunjung ingin membeli produk atau menggunakan jasa anda, pasti mereka akan KEPO terhadap anda. Mereka akan mencari-cari tau dan melihat profil anda. Siapa anda, alamat anda, nomer telepon anda, bahkan kehidupan pribadi anda yang biasanya digambarkan dari beberapa momen-momen dalam foto anda. Jangan membuat anda terkesan sesosok yang misterius, karena itu akan membuat tingkat kepercayaan kepada anda berkurang dan tentunya membuat mereka akan ragu terhadapat barang atau jasa yang anda tawarkan.

 

#9. Kuantitas maksimal, Kwalitas minimum

 

Biasanya dalam mengejar SEO, kita menjadi rajin membagikan artikel, bahkan sehari bisa hingga 3 artikel. Tapi sayangnya kuantitas yang banyak itu tidak dibarengi dengan kualitas yang mumpuni. Ini akan membuat kekecewaan terhadap mereka. Sehingga akun anda akan dianggap sebagai akun yang membagikan spam tidak bermutu. Jadi updatelah akun anda secara rutin dengan kuantitas secukupnya namun kualitas yang diberikan sangat maksimal dan bermanfaat.

 

Sekian artikel dari kami semoga bermanfaat

“Terima Barang Bekas Segala Kondisi Seperti Komputer, Notebook, Monitor, Ups, Genset, Ac, Forniture Dll. Menerima Lelang atau Borongan dari perusahaan swasta atau pemerintah”

Mas Jim
Telp/WA
081283211150
info@sigma-comp.com
jimmy.ews@gmail.com